Sah! Babe Haikal Jadi Kepala BPJPH, Ini Profile Selengkapnya

rozib.com – Haikal Hassan Baras atau dekat dipanggil Babe Haikal sah dikukuhkan sebagai Kepala Tubuh Pelaksana Agunan Produk Halal (BPJPH) oleh Presiden RI Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa (22/10/2024).

Babe Haikal adalah figur kelahiran Jakarta pada 21 Oktober 1968. Dianya lebih dikenali sebagai pendakwah atau dai dengan logat ciri khas Betawi dan berdasar garis turunannya, ia ialah Ahmad Haikal bin Hasan bin Umar bin Salim bin Ali bin Syekh Ali bin Abdullah Baras.

Selainnya sebagai pendakwah, dianya aktif sebagai motivator dan sebelumnya pernah bekerja sebagai konselor sumber daya manusia di perusahaan tambang.

Babe Haikal raih Sarjana (S1) Tehnik Informatika di Kampus Budi Mulia. Selanjutnya, gelar Magister (S2) jalur Tehnik Industri di Institut Tehnologi Bandung (ITB).

Dianya sempat juga menjadi satu diantara panitia pada Tindakan 212 tahun 2016, dan sampai sekarang ini terus mengumandangkan perjuangan untuk kemerdekaan Palestina.

Dalam Pemilihan presiden 2019, Babe Haikal sempat juga tempati posisi sebagai jubir Tubuh Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Selanjutnya, dianya jadi simpatisan Prabowo Subianto pada Pemilihan presiden 2024.

Sebagai Kepala Tubuh Pelaksana Agunan Produk Halal (BPJPH), Babe Haikal mempunyai pekerjaan untuk selalu menggalakkan sertifikasi halal ke beberapa aktor usaha di Indonesia.

Baik aktor UMKM (usaha micro, kecil, dan menengah) atau perusahaan besar sebagai produsen, untuk pastikan jika produk mempunyai sertifikasi halal.

Ini karena warga sebagian besar di Indonesia memeluk agama islam yang mengharuskan suatu hal yang dipakai atau dimakan ialah halal.

Sertifikasi halal adalah bukti jika produk yang tersebar sudah lewat proses penilaian dan pengetesan untuk pastikan halal sama sesuai ketetapan yang berjalan.

Adapun produk yang bisa disertifikasi halal salah satunya produk pangan, beberapa obat, kosmetik, barang gunaan (bahan kimia, sabun, detergen, kulit, filter air, dll).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *