Peruri, BKN, dan Pos Indonesia Membuka Suara masalah Website E-Meterai Error

rozib.com – Sosial media di ramaikan keluh kesah pelamar penyeleksian calon karyawan negeri sipil (CPNS) 2024 masalah service pembelian e-meterai yang error semenjak Selasa (3/9/2024).

Masalah bukan hanya terjadi di web e-meterai Peruri saja, tapi juga saluran sah lain, salah satunya skillacademy.com, materai.id, e-meterai.live, bahkan juga pembelian di gerai Kantor Pos Indonesia.

“Kasus e-materai, semua web berkaitan e-materai pada down dan stock habis. Benar-benar warga Indonesia itu tahan membanting semua,” tulis salah satunya akun, Rabu (4/9).

Tidak cuma permasalahan web error, beberapa pelamar CPNS mengeluh berkaitan proses pembubuhan yang lama dan paket e-meterai yang tidak berubah walau telah bayar.

Hal tersebut jadi masalah, karena pelamar harus mengupload document registrasi CPNS yang dibubuhi e-meterai saat sebelum ditutup pada Jumat, 6 September 2024.

Peruri, Pos Indonesia, dan BKN menyikapi keluh kesah itu, lewat akun Instagram resminya.

Peruri contohnya yang sampaikan pemicu web alami masalah karena terjadi kenaikan trafik. Oleh karenanya, Peruri menerapan mekanisme barisan untuk jaga perform service.

“Sekarang ini, web kami mengalami kenaikan trafik hingga kami mengaplikasikan mekanisme barisan supaya masih tetap jaga perform service dan bisa layani semua pemakai,” bunyi info pada upload Peruri, Rabu.

Terpisahkan, Corporate Secretary PT Pos Indonesia, Tata Sugiarta benarkan jika Pos Indonesia sekarang ini tidak dapat layani pembelian e-meterai karena masalah mekanisme dari Peruri.

Tata menambah, faksinya cuma bisa menanti informasi dari Peruri dan tidak dapat pastikan kapan service akan bekerja lagi.

“E-meterai ini Peruri yang dipilih sebagai issuer. Pos ialah operator kanal distribusi saja. Pemilik produknya Dirjen Pajak (DJP),” katanya, mencuplik Kompas.com, Rabu.

Di lain sisi, menyaksikan pelamar CPNS yang terhalang e-meterai menjelang penutupan registrasi, Plt Kepala Agen Humas, Hukum, dan Kerja Sama Tubuh Kepegawaian Negara (BKN) Vino Dita Tama mengutarakan faksinya belum mendapatkan instruksi untuk perpanjang saat registrasi. Hingga, tanggal penutupan registrasi CPNS 2024 tetap 6 September 2024.

“Sampai sekarang ini tidak ada informasi mengenai masa registrasi yang diperpanjang,” ikat Vino.

Walau demikian, ia merekomendasikan beberapa pelamar CPNS yang menemui masalah e-meterai dapat selekasnya menyampaikannya ke BKN lewat formulir Google yang diupload pada Instagram @bkngoidofficial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *