Jokowi ke Paus Fransiskus: Terima Kasih Telah Penuhi Undangan Kami

rozib.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih ke Pimpinan Gereja Katolik Dunia sekalian Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus. Jokowi mengucapkan terima kasih karena Paus Fransiskus sudah siap penuhi undangan untuk berkunjung Indonesia.

Awalnya, Jokowi menjelaskan Indonesia menyongsong senang dan hangat kehadiran Paus Fransiskus. Jokowi akui dengar ini ialah penerbangan paling panjang yang dulu pernah dilaksanakan Paus Fransiskus.

“Negara kita Indonesia menyongsong senang dan hangat kehadiran yang teramat mulia bapak suci Paus Fransiskus dan saya dengar ini ialah penerbangan paling panjang yang Paus kerjakan,” kata Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Jokowi sampaikan pesan di depan Paus Fransiskus. Jokowi mengucapkan terima kasih karena Paus sudah siap penuhi undangan berkunjung Indonesia.

“Terima kasih Bapak suci sudah siap penuhi undangan kami untuk berkunjung Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan lawatan Paus Fransiskus ini mempunyai pesan benar-benar kuat berkaitan keutamaan makna ketidaksamaan. Di mana, kata Jokowi, Indonesia terbagi dalam berbagai ragam etnis.

“Lawatan ini mempunyai pesan yang benar-benar kuat mengenai makna keutamaan rayakan ketidaksamaan. Di mana Indonesia sebagai negara majemuk, yang terbagi dalam berbagai ragam etnis,” tutur Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyongsong pimpinan Vatikan Paus Fransiskus sekalian membungkuk dan tersenyum saat sampai di Istana Kepresidenan Jakarta.
Paus turun dari bangku dari sisi pengemudi. Lantas dia naiki bangku roda. Paus menyalami beberapa anak yang menyambutnya di istana.

Kemudian, dia mendekati Jokowi yang menanti di muka Istana Merdeka. Jokowi langsung 1/2 membungkuk di muka Paus Fransiskus yang duduk di atas bangku roda.

Jokowi tersenyum penuh dan menyalami pimpinan gereja Katolik dunia tersebut. Mereka sebelumnya sempat mengobrol sesaat saat sebelum masuk ke dalam Istana Merdeka.

Di halaman Istana Merdeka, pasukan dan marching band telah menanti. Mereka melangsungkan upacara penyambutan kenegaraan saat Jokowi dan Paus Fransiskus datang.

Lagu berkebangsaan Vatikan dilantunkan pada awal upacara. Lantas diteruskan lagu Indonesia Raya. Bendera pusaka ke-2 negara dibentangkan di Istana Merdeka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *