Registrasi CPNS Dibuka, Kementeria PANRB Membuka 61 Skema

rozib.com — Kementerian Pemberdayaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sah buka registrasi Calon Karyawan Negeri Sipil (CPNS) ini hari, Selasa (20/8).

Kesempatan kali ini dibuka untuk 61 skema calon karyawan negeri sipil (CPNS) yang dibuka di lingkungan Kementerian PANRB.

Ini dikatakan dalam Surat Informasi No. B/54/S.KP.01.00/2024 mengenai Penyeleksian CPNS di Lingkungan Kementerian PANRB Tahun Bujet 2024. Surat ini diberi tanda tangan oleh Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini.

“Registrasi dan upload document syarat simpatisan yang lain dilaksanakan dengan online lewat situs https://sscasn.bkn.go.id dengan memakai Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Pertanda Warga (KTP)/NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK,” bunyi surat tersebut.

Ada banyak document yang perlu disiapkan. Salah satunya ialah surat lamaran dengan pola tersemat, KTP, ijazah asli, transkrip nilai asli, surat legalisasi perguruan tinggi, pasfoto dengan background warna merah, daftar kisah hidup, dan sertifikat TOEFL/IELTS.

Untuk sejumlah skema kedudukan, ada document yang tertentu yang perlu diupload. Hingga pelamar disuruh untuk cermat saat membaca document yang diisyaratkan.

Dalam penyediaan CPNS ini kali, Kementerian PANRB terima peserta dari keperluan umum dan khusus. Adapun pelamar dengan keperluan khusus terbagi dalam putra/putri alumnus terbaik memiliki predikat ‘dengan sanjungan’/cumlaude, penyandang disabilitas’, putra/putri Papua; dan putra/putri Kalimantan.

Adapun persyaratan umum dalam penyeleksian CPNS ini ialah WNI yang berumur minimum 18 tahun dan optimal 35 tahun. Pelamar wajib mempunyai kwalifikasi pendidikan dan kapabilitas yang diperlukan memperlihatkan sertifikasi ketrampilan tertentu sesuai syarat kedudukan. Pelamar pun tidak terturut di dalam organisasi bungkusyarakatan yang dipastikan terlarang oleh pemerintahan.

Menjadi ASN di Kementerian PANRB, pelamar harus siap ditaruh di semua daerah NKRI, termasuk peletakan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Tidak itu saja, pelamar harus juga siap berbakti di Kementerian PANRB dan tidak ajukan berpindah dengan argumen apapun itu sekurangnya sepanjang sepuluh tahun semenjak terhitung mulai dari jadi PNS.

Pada penyeleksian ini kali, pelamar bisa memutuskan untuk memakai nilai penyeleksian kapabilitas dasar (SKD) yang didapat dalam penyeleksian CPNS Tahun Bujet 2023. Adapun untuk tipe test penyeleksian ini kali ialah penyeleksian administrasi; SKD; dan penyeleksian kapabilitas sektor (SKB).

Kementerian PANRB menggarisbawahi jika registrasi dan semua proses penyeleksian tidak diambil ongkos. Karena itu beberapa pelamar atau keluarganya disarankan supaya tidak memercayai jika ada faksi lain yang prospektif bisa menolong kelulusan dalam tingkatan penyeleksian dengan kewajiban sediakan uang atau berbentuk lain.

“Kelulusan peserta ialah prestasi peserta sendiri. Bila ada beberapa pihak yang prospektif kelulusan dengan pola apapun itu, karena itu hal itu adalah perlakuan penipuan,” tegas surat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *