Bintang The Shining Shelley Duvall Wafat Dunia

rozib.com — Shelley Duvall wafat di Texas, Kamis (11/7) waktu di tempat. Bintang film seram legendaris The Shining (1980) itu wafat waktu berumur 75 tahun karena alami kompleksitas diabetes.
Berita duka itu dipublikasikan pacar Duvall, Dan Gilroy, dalam info sah. Gilroy menjelaskan Shelley Duvall berpulang sesudah berusaha menantang penyakit kompleksitas itu.

“Pacar, pasangan, dan rekanku yang tersayang dan manis tinggalkan kita tadi malam. Kebanyakan kesengsaraan akhir-akhir ini, dan saat ini pada akhirnya bebas. Terbang lah Shelley yang elok,” tutur Gilroy, seperti dikabarkan Variety pada Kamis (11/7).

Dan Gilroy tidak menerangkan selanjutnya keadaan paling akhir Shelley Duvall. Dia pun tidak membagi info tentang gagasan penyemayaman artis Amerika Serikat itu.

Artis namanya komplet Shelley Alexis Duvall itu mengawali profesi akting sesudah talentanya diketahui Robert Altman, sutradara legendaris peraup lima nominasi Piala Oscar.

Duvall lalu menjadi bintang beberapa film besutan Rob Altman, seperti Brewster McCloud (1970, McCabe dan Mrs. Miller (1971), dan Thieves Like Us (1974). Profesinya makin melesat saat bermain dalam film Nashville (1975) dan 3 Women (1977).

Artis kelahiran 7 Juli 1949 itu bahkan juga mendapatkan beberapa penghargaan, termasuk piala kelompok Best Actress dari Cannes Film Festival Award, selesai jadi aktor khusus dalam 3 Women.

Shelley Duvall selanjutnya menjadi satu diantara artis hit zaman 1980-an melalui beragam film. Dia adalah salah satunya artis yang berlangganan menjadi bintang film Robert Altman, termasuk saat jadi Olive Oyl dalam film live-action Popeye (1980).

Duvall sempat juga menjadi bintang salah satunya film hit Woody Allen dengan judul Annie Hall (1977). Dalam film itu, dia memainkan watak seorang wartawan dari Rolling Stone.

Reputasi Duvall makin melesat saat dia diputuskan Stanley Kubrick untuk gabung dalam project film The Shining (1980). Dia memainkan watak Wendy Torrance, istri dari Jack Torrance yang dimainkan Jack Nicholson.

Performa Shelley Duvall di The Shining sukses memetik sanjungan kritikus. Film itu menjadi satu diantara kreasi legendaris Stanley Kubrick yang ramai diulas sampai sekarang ini.

The Shining menjadi satu diantara project terberat yang dulu pernah ditangani Duval. Dia harus turut shooting lebih dari satu tahun dengan beberapa tuntutan dari si sutradara.

Sejumlah episodenya di The Shining bahkan juga perlu lebih dari 100 kali ambil gambar. Salah satunya episode itu mencatat rekor karena masuk Guinness Book of World Records untuk ambil episode dengan diskusi gterbanyak.

Profesi Duvall selanjutnya bersambung pada 19990-an dengan menjadi bintang beberapa film dan seri TV. Tetapi, dia pada akhirnya putuskan hiatus dari dunia peran atau sebagai aktris pada 2002.

Shelley Duvall selanjutnya sebelumnya sempat come-back saat menjadi bintang film dengan judul The Forest Hills (2023). Film itu juga jadi judul paling akhir yang diperankan Duvall saat sebelum berpulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *