PLN Ungkapkan Pemicu Listrik Padam di Beberapa Daerah Sumatera

Jakarta – Banyak wilayah di Sumatera alami padam listrik. PT PLN ungkap padam listrik ini karena masalah transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat.
Manager Komunikasi dan TJSL PT PLN UID Sumsel, Jambi dan Bengkulu (S2JB) Iwan Arissetyadhi menjelaskan masalah transmisi terjadi pada mekanisme transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat. Mekanisme transmisi itu adalah jaringan inter jaringan yang tersambung dengan beberapa daerah di Sumatera.

Dia menerangkan, transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat adalah jaringan bleed sistem yang sama-sama tersambung dan meliputi banyak wilayah di Sumatera. Karena itu, saat mekanisme transmisi terjadi masalah, efeknya ke banyak wilayah di Sumatera.

Imbas masalah listrik terjadi di Sumsel, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, dan Bengkulu. Untuk daerah propinsi lain di Sumatera, seperti Sumatera Barat dan Riau, faksinya akui belum mendapatkan informasi terusik.

“Karena itu, jika mekanisme ini terusik, lainnya akan terkena dampaknya. Namun, dampak itu tidak memiliki sifat tetap. Saat mekanismenya dapat distabilkan, karena itu setahap lainnya dapat dinormalkan . Maka, wilayah yang tidak terdampak langsung diprioritaskan untuk dinormalkan,” terangnya dikutip Di antara, Selasa (4/6/2024).

Dia menjelaskan sekarang ini faksinya tengah mengusahakan penormalan di gardu induk tiap daerah. Beberapa wilayah telah normal kembali dan diharap dalam kurun waktu dekat semuanya listrik bisa berpijar.

“Beberapa telah berpijar, kita mengusahakan penormalan selekasnya karena personil di unit gardu induk telah di turunkan. Insyaallah dalam kurun waktu dekat semua dapat normal,” kata Iwan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top