Rekan Jokowi Bingung MA Ganti Persyaratan Umur Cagub-Cawagub Menjelang Pemilihan kepala daerah

Jakarta, rozib.com Indonesia – Mahkamah Agung (MA) merestui tuntutan Ketua Umum Partai Garda Republik Indonesia (Garuda) Ahmad Ridha Sabana untuk menambahkan tafsiran masalah persyaratan umur calon kepala wilayah. Hal tersebut tercantum pada Keputusan Nomor 23 P/HUM/2024 yang ditetapkan oleh Majelis Hakim pada Rabu, 29 Mei 2024 kemarin.
“Merestui permintaan berkeberatan hak tes material dari Pemohon: PARTAI GARDA REPUBLIK INDONESIA (PARTAI GARUDA),” begitu bunyi keputusan itu.

Lewat keputusan itu, MA mengganti ketetapan dari yang sebelumnya calon gubernur dan wagub minimum berumur 30 tahun terhitung semenjak penentuan pasangan calon jadi sesudah pengukuhan calon.

Pasal 4 PKPU mengeluarkan bunyi yang dipastikan berlawanan itu awalannya mengeluarkan bunyi masyarakat Negara Indonesia bisa jadi calon gubernur dan wagub penuhi syarat seperti berikut. (d). berumur terendah 30 (tiga puluh) tahun untuk calon gubernur dan wagub.

Adapun menurut MA, Pasal 4 PKPU Nomor 9 Tahun 2020 itu tidak memiliki kemampuan hukum mengikat sepanjang tidak diartikan berumur terendah 30 tahun untuk calon gubernur dan wagub dan 25 tahun untuk calon bupati dan wakil bupati atau calon wali kota dan wakil wali kota terhitung semenjak pengukuhan pasangan calon dipilih.

Berkaitan ini, ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo yang sekalian teman dekat presiden Joko Widodo akui bingung dengan hal itu. Karena keputusan itu dibikin mendekati Pemilihan kepala daerah.

Sebagai pria yang dekat dipanggil FX Rudy itu ialah wakil walikota Solo saat Jokowi pimpin kota itu.

Awalnya, FX Rudy menyebutkan keputusan MA itu ialah hal yang lumrah. “Jika itu ingin dibikin berapa saja silakan, untuk saya hal yang lumrah,” kata FX Rudy dikutip detikJateng, Minggu (2/6/2024).

Tetapi, dia bingung karena keputusan itu diambil mendekati peristiwa Pemilihan kepala daerah. “Tetapi mengapa dibikin di saat Pemilihan kepala daerah? Begitu saja pertanyaan warga, jika saya silakan, monggo yang kuasa disitu,” kata Rudy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top