Masalah Saat Depan Pelatih Tim nasional Indonesia, Pemerhati: Shin Tae-yong Benar-benar Pantas Dipertahankan

Masalah Saat Depan Pelatih Tim nasional Indonesia, Pemerhati: Shin Tae-yong Benar-benar Pantas Dipertahankan Rozib.com, Solo - Pelatih sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto membagi pandangannya hal nasib Shin Tae-yong di Tim nasional Indonesia.

Masalah Saat Depan Pelatih Tim nasional Indonesia, Pemerhati: Shin Tae-yong Benar-benar Pantas Dipertahankan

Rozib.com, Solo – Pelatih sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto membagi pandangannya hal nasib Shin Tae-yong di Tim nasional Indonesia.

Pria berumur 46 tahun itu mengharap PSSI bisa menjaga juru strategi asal Korea Selatan itu. Menurut Erwan Hendarwanto, Shin Tae-yong benar-benar pantas diperpanjang saat baktinya.

Memang, sepanjang memegang sebagai head coach Tim nasional Indonesia mulai tingkat senior, U-23, dan U-20, arsitek berumur 53 tahun itu belum memberi gelar.

Tetapi, Shin Tae-yong ikut berjasa mengantarkan Team Merah-Putih mencicip pentas Piala Asia 2023, sesudah mangkir sepanjang 16 tahun.

Masih di gelaran yang masih sama, ia loloskan Indonesia pada dua barisan usia berlainan yaitu U-23 2023 Qatar dan U-20 2023 di Uzbekistan.

Fondasi

Disamping itu, Shin Tae-yong sempat juga bawa Tim nasional Indonesia melesat ke final Piala AFF 2020, walau berbuntut kekalahan.

Karena Shin Tae-yong posisi Indonesia terus alami kenaikan di rangking FIFA. Dari awal sebelumnya di rangking 175 dunia dan sekarang tempati posisi 146 dunia.

“Jika pendapat saya Shin Tae-yong benar-benar pantas untuk dipertahankan, agar fondasi awalan yang telah dibangun ini tidak datang dari 0 kembali,” tutur Erwan Hendarwanto ke Bola.com, Selasa (6/2/2024) pagi.

“Memang perhitungan gelar coach Shin belum memberi titel juara apapun itu, tetapi ia sanggup loloskan tiga barisan umur di sepak bola Asia,” ikat bekas pelatih PSIM Yogyakarta tersebut.

Membawa Banyak Peralihan Positif

Erwan Hendarwanto memandang, walau tidak berhasil menyembahkan satu juga piala untuk Indonesia, kehadiran Shin Tae-yong bawa banyak peralihan untuk tim Garuda.

Pelatih dari Magelang, Jawa tengah itu menjelaskan, di bawah pimpinan Shin Tae-yong, Tim nasional Indonesia secara perlahan-lahan memperlihatkan perkembangan yang positif. Baik dari sisi permainan atau fisik pemain.

“Saya memandang Shin Tae-yong sukses mengganti Tim nasional Indonesia dengan baik sekali, khususnya dalam soal keterdisiplinan, semangat juang, fisik dan mentalitas benar-benar jauh bertambah pada tangan coach Shin,” pujinya.

“Ya pasti keinginan saya Shin Tae-yong dapat stay untuk Tim nasional Indonesia karena ada banyak jadwal penting yang menanti pada tahun ini,” tambah Erwan Hendarwanto.

Diperpanjang dengan 2 Persyaratan

Di lain sisi, PSSI sebenarnya sudah menyiapkan ekstensi kerja sama dengan Shin Tae-yong sampai 2027. Tetapi, ada dua persyaratan yang harus disanggupi si pelatih.

Pertama, bekas arsitek Korea Selatan itu harus loloskan Tim nasional Indonesia ke set 16 besar Piala Asia 2023. Persyaratan ini telah dia penuhi beberapa lalu.

Selanjutnya bawa Tim nasional U-23 ke set delapan besar Piala Asia 2023 Qatar pada 15 April-3 Mei 2024. Pada kompetisi ini, Garuda Muda bergabung di Group A bersama Tim nasional Qatar U-23, Tim nasional Australia U-23, dan Tim nasional Yordania U-23.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top