Legenda sepak bola Jerman Franz Beckenbauer meninggal dunia

Legenda sepak bola Jerman Franz Beckenbauer meninggal dunia

Legenda sepak bola Jerman Franz Beckenbauer meninggal dunia

Jakarta (Rozib) – Legenda sepak bola Jerman Franz Beckenbauer meninggal dunia pada usia 78 tahun.

Beckenbauer yang berjulukan “Der Kaiser” itu wafat pada Senin (7/1) waktu di tempat.

“Der Kaiser adalah pemain yang dulu pernah disaksikan olahraga ini. Dengan kekuatannya, dia membuat standard di atas lapangan. Keakuratan dan pamornya sebagai pimpinan team dan tenaga dan kemampuannya sebagai kepala pelatih di Piala Dunia tidak terlewatkan,” kata Presiden DFB Bernd Neuendorf dikutip dari situs sah DFB, Selasa.

Keluarga Beckenbauer mengonfirmasi atas berita kematian dari Beckenbauer yang sama sebagai legenda club Bayern Muenchen itu lewat kantor informasi negara Jerman, DPA.

“Saya memandang ini salah satunya hak spesial dalam kehidupan saya untuk ketahui dan menyaksikan kedahsyatan Franz Beckenbauer. Der Kaiser sudah jadi ide lebih dari satu angkatan, dia akan selama-lamanya masih tetap jadi sisi kegemerlapan sepak bola Jerman,” kata bekas rekanan segrup Beckenbauer, Rudi Voller.

Semenjak putranya, Stephan wafat di tahun 2015, Beckenbauer sering diterpa penyakit salah satunya parkinson, demensia dan sebelumnya sempat lakukan operasi jantung di tahun 2016 dan 2017. Beckenbauer sempat lakukan operasi untuk memasangkan pinggul bikinan di tahun 2018.

Beckenbauer adalah salah satunya pemain paling cemerlang dalam sejarah sepak bola dunia. Selainnya menyembahkan gelar Piala Eropa (1972) dan Piala Dunia (1974) untuk tim nasional Jerman sebagai pemain, Beckenbauer memberi gelar Piala Dunia (1990) ketika menjadi pelatih tim nasional Panser itu.

Sebagai pemain, Der Kaiser memenangi tiga piala Uefa Champions League, lims Bundesliga, empat piala DFB, satu piala Winners UEFA dan satu Piala Interkontinental.
​​​
Beckenbauer terdaftar sebagai peraup dua gelar pemain terbaik atau Ballon D’or di tahun 1972 dan 1976. Nama dari si kaisar Jerman itu masuk ke team terbaik selama hidup Piala Dunia.

Profil Legenda Sepak Bola: Franz Beckenbauer

Dalam dunia sepak bola, beberapa nama melekat sebagai legenda yang telah meninggalkan jejak tak terhapuskan. Salah satu sosok yang dianggap sebagai ikon sepanjang masa adalah Franz Beckenbauer. Pemain dan pelatih asal Jerman ini membawa dampak besar dalam perkembangan sepak bola, baik di level klub maupun tim nasional. Mari kita telaah profil lengkap dari legenda hidup ini.

1. Kehidupan Awal

Franz Beckenbauer lahir pada 11 September 1945 di Munich, Jerman. Dibesarkan di tengah-tengah pasca Perang Dunia II, Beckenbauer tumbuh menjadi seorang anak yang berbakat dalam sepak bola. Bakatnya terlihat sejak dini, dan dia bergabung dengan klub lokal, SC Munich ’06, di mana kemampuannya mulai terasah.

2. Karir Pemain

Pada usia 18 tahun, Beckenbauer menandatangani kontrak profesional dengan Bayern Munich pada tahun 1964. Bersama klub tersebut, dia menjadi salah satu pemain belakang terbaik pada masanya. Gaya bermainnya yang elegan, kecerdasan taktis, dan kemampuan memimpin membuatnya dijuluki “Der Kaiser” (Kaisar) oleh para penggemar sepak bola.

Beckenbauer memainkan peran kunci dalam kesuksesan Bayern Munich di level domestik dan internasional. Bersama klub, dia meraih tiga gelar Bundesliga dan tiga Piala DFB. Puncak dari karir klubnya adalah kemenangan di Piala Champions UEFA pada tahun 1974 dan 1975.

3. Sukses bersama Tim Nasional Jerman

Beckenbauer juga memimpin Tim Nasional Jerman dalam periode yang dikenal sebagai “Era Beckenbauer.” Dia berperan krusial dalam meraih gelar Piala Eropa UEFA pada tahun 1972 dan Piala Dunia FIFA pada tahun 1974. Keberhasilan ini menjadikan Beckenbauer sebagai satu-satunya individu yang meraih Piala Dunia sebagai pemain dan sebagai pelatih.

4. Karir Pelatih dan Manajemen

Setelah pensiun sebagai pemain, Beckenbauer melanjutkan karirnya di dunia sepak bola sebagai pelatih dan manajer. Dia melatih klub seperti Bayern Munich dan Marseille, serta menjadi manajer tim nasional Jerman. Kontribusinya dalam mengembangkan bakat muda dan membimbing tim nasional menuju kesuksesan terus terlihat.

5. Warisan dan Penghargaan

Franz Beckenbauer dihormati di seluruh dunia sebagai salah satu legenda sepak bola. Selain trofi dan penghargaan yang diraihnya, dia dianugerahi Penghargaan Piala Dunia FIFA untuk Jasa Kepelatihan pada tahun 1990. Namanya juga diabadikan dalam Hall of Fame Sepak Bola Internasional.

Franz Beckenbauer bukan hanya seorang pemain dan pelatih, tetapi juga seorang ikon yang menginspirasi generasi sepak bola. Dengan karir gemilangnya, dia meninggalkan warisan yang akan dikenang selamanya. Der Kaiser tidak hanya menciptakan sejarah sepak bola Jerman, tetapi juga memberikan kontribusi besar untuk memajukan permainan ini di tingkat global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top