Prof Adi Suryanto Kepala LAN Meninggal Dunia

Prof Adi Suryanto Kepala LAN Meninggal Dunia

Jakarta , MGO777–   Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Profesor Adi Suryanto, meninggal dunia. Adi Suryanto wafat di Yogyakarta.
“Innalilahi wa innailaihi rajiun. Telah berpulang pimpinan kami, guru kami, Kepala Lembaga Administrasi Negara, Prof. Dr. Adi Suryanto S.Sos., M.Si., CHRM pada Jumat, 15 Desember 2023 di Yogyakarta,” tulis LAN RI di akun resmi X-nya, Jumat (15/12/2023).

LAN RI berdoa agar almarhum diampuni dosanya dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT, serta berdoa agar keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran.

Ucapan dukacita juga disampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Profil singkat Adi Suryanto

Dikutip dari situs LAN RI, Adi Suryanto lahir pada 8 Desember 1969 di Kebumen, Jawa Tengah, dari pasangan Soehadji dan Satirah. Berarti, Adi Suryanto meninggal dunia pada usia 54 tahun.

Gelar doktor di bidang ilmu politik dia peroleh pada 2008 dari Universitas Indonesia, setelah delapan tahun memperoleh gelar master di bidang administrasi dan kebijakan publik yang diraihnya pada tahun 2000 di universitas yang sama dan sarjana S1 ditamatkan di Universitas Diponegoro pada 1993 pada Jurusan Ilmu Pemerintahan.

Karier bekerja di LAN dimulai dengan menjadi staf pada Pusat Diklat Teknis dan Fungsional, lalu meniti ke jabatan struktural terendah eselon IV setelah 4 tahun bekerja. Secara berturut-turut memperoleh promosi jabatan eselon III Kabag Administrasi Pusat Kajian Otonomi Daerah yang tidak lama kemudian dipercaya merangkap sebagai Pelaksana Tugas Kepala Pusat.

Jabatan eselon II secara definitif dipangku sejak 2009 dan pada 2013 melalui seleksi terbuka eselon I, beliau terpilih sebagai Sekretaris Utama LAN.

Diklat yang pernah diikuti secara berjenjang mulai dari diklat prajabatan tercatat sebagai 10 peserta terbaik, diklat ADUM sebagai peserta terbaik I, diklat SPAMA sebagai 10 peserta terbaik, diklat Pim II sebagai 10 peserta terbaik, dan diklat Pim I sebagai peserta terbaik I.

Pengalaman profesional dalam berbagai aspek penyelenggaraan negara dan kebijakan mulai bidang pendidikan dan pelatihan aparatur, perencanaan pemerintahan, manajemen kinerja, dan sebagainya MGO303.

Semenjak di bangku kuliah telah aktif menulis. Tulisannya antara lain buku Evaluasi Manajemen Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Manajemen Pemerintahan Daerah, dan Konflik Elit dalam Pembentukan Provinsi Banten.

Dr Adi Suryanto, MSI, juga banyak berperan dalam proses reformasi birokrasi di LAN, baik sebagai Ketua Tim RB LAN sejak 2010 dan memimpin proses Pembaharuan Diklat Pim Pola Baru. Pernah terlibat dalam studi evaluasi Otonomi Khusus Papua.

Selain mengajar pada program magister, juga aktif mengajar di berbagai diklat untuk aparatur sipil negara, baik diklat teknis, maupun diklat struktural (diklatpim I, II, III, dan IV) serta diklat prajabatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top