PaDi UMKM Tulis Transaksi bisnis Rp 40,8 Triliun per November 2023

PaDi UMKM Tulis Transaksi bisnis Rp 40,8 Triliun per November 2023

MGO303, JAKARTA — Kementerian Badan Usaha Punya Negara (BUMN) menulis nilai transaksi bisnis Pasar Digital (PaDi) usaha micro kecil dan menengah (UMKM) sampai November 2023 capai Rp 40,8 triliun.

Staff Pakar Sektor Keuangan dan Peningkatan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting menjelaskan, transaksi bisnis yang terdaftar pada basis itu terbagi dalam Business to Business (B2B) dan retail dan e-procurement atau e-proc (penyediaan barang/jasa pemerintahan secara electronic) dari tiap-tiap BUMN.

Per Oktober 2023, jumlah keseluruhan transaksi bisnis yang terdaftar capai Rp 37,1 triliun. Sementara transaksi bisnis yang terjadi di PaDi UMKM pada November 2023 sejumlah Rp 3,7 triliun, hingga keseluruhan keseluruhnya jadi Rp 40,8 triliun.

“Kita punyai statistik yang disampaikan di PaDi, perkembangannya bertambah 33,7 % dan B2B dan retail perkembangannya demikian melejit, 125,1 % jadi Rp 3,7 triliun pada November 2023 hingga keseluruhannya ialah Rp 40,8 triliun,” tutur Loto dalam PaDi UMKM Business Matching dan Showcase di Jakarta, Kamis (14/12/2023).
Loto menjelaskan, dalam PaDi UMKM Business Matching dan Showcase di Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, Kamis (14/12), kekuatan transaksi bisnis yang ditarget capai Rp 4,8 triliun. Tetapi, Loto optimis jika nilai output-nya akan capai Rp 5,1 triliun.

Dia meneruskan, frekwensi MGO777 berbelanja UMKM lewat PaDi semakin meningkat dari hari ke hari, baik e-proc atau B2B dan retail. Jumlah UMKM yang masuk ke daftar sudah capai 44.000 dengan lebih dari 1 juta produk. “Buyer grup-nya juga berkembang lebih dari 9.000 buyer grup dan menyebar di semua daerah Indonesia. Kami dapat monitor, karenanya ekosistem berbelanja yang terekam di basis ini, kami dapat mengetahui siapakah perusahaan yang berbelanja, karena semua itu digital,” kata Loto.

PaDi UMKM adalah basis digital yang mempunyai tujuan untuk menghadapkan group konsumen atau buyer grup. Group konsumen itu nyaris 100 prosentasenya adalah perusahaan BUMN. Penjual yang ada dalam PaDi UMKM menyebar di semua propinsi Indonesia. Semua transaksi bisnis terekam dalam tapak jejak digital hingga datanya benar-benar tepat dan bisa dipertanggungjawabkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top